Minggu, 15 November 2015

Tugas 1 Rangkuman Materi Pertemuan Ke II


Rangkuman Mengenai Teknologi Web Dan Teknologi Mobile


1.Pengertian Teknologi Web

Teknologi Web
 

Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang berbentuk klien/server yang dapat membentuk halaman-halaman web berdasarkan permintaan pemakai. Klien adalah pemakai yang meminta halaman web, sedangkan server adalah penyedia layanan yang melayani permintaan dari pemakai. Klien dan server berhubungan dalam suatu jaringan Internet atau Intranet. Web dapat diakses oleh berbaga iplatform dengan menggunakan browser, misalnya Internet Explorer,Mozilla,Opera, dan lain-lain.

Proses pengaksesan suatu web yaitu klien melakukan permintaan suatu halaman web kepada server, kemudian server akan mencari halaman yang diminta dan mengembalikannya dalam bentuk kode kode HTML. Kode-kode HTML ini akan didownload oleh komputer klien dan kemudian akan diterjemahkan oleh browser menjadi suatu tampilan halaman web.Aplikasi web dibangun oleh 2 jenis scripting yaitu sebagai berikut:

a. Server Side Scripting Pemrograman dari sisi server maksudnya adalah membuat kode-kode program yang hanya dieksekusi di server menjadi bentuk tag-tag HTML untuk dikirim ke klien. Tag-tag inilah yang akan diterjemahkan oleh browser klien menjadi halaman web. Kode-kode program ini tidak akan kelihatan di klien.Contoh bahasa pemrograman dari sisi serveryaitu seperti PHP, ASP, JSP dan lainnya.Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membuat suatu halaman web menjadi dinamis.

b. Client Side Scripting Pemrograman web dari sisi klien maksudnya adalah membuat kode-kode program yang dieksekusi di klien khususnya oleh browser.Kode-kode program ini bisa dilihat oleh klien.Contoh bahasa pemrograman dari sisi klien yaitu HTML, javascript, CSS. HTML adalah tag-tag yang diterjemahkan oleh browser untuk membentuk secara visual suatu halaman web. HTML sekarang dikembangkan menjadi eXtensible HyperText MarkupLanguage (XHTML), sebuah versi yang lebih matang dan stabil. XHTML datang bersama beberapa cara dan pemikiran yang baru mengenai tag dalam halaman web. Aturan aturan dalam XHTML lebih ketat dibandingkan HTML dari segi cara penulisan.XHTML dapat merupakan perpaduan antara HTML dan XML karenamerupakan formulasi ulang HTML dalambentuk XML.

Sekarang ini, XHTML menjadi standar suatu web berdasarkan rekomendasi

W3C (World Wide Web Consortium). CSS dan javascript adalah bahasa program untuk membuat tampilan web menjadi interaktif.CSS dan javascript disisipkan di antara sintaksHTML.Berbagai contoh aplikasi web yaitu seperti mesin pencari atau search engine(google,yahoo), tokoonline(amazon), situs berita(detikcom), layanan akademis perguruan tingg i(website IT Telkom) dan lain-lain.

http://www.ittelkom.ac.id


Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang me-request dokumen-dokumen dari komputer-komputer yg terkoneksi internet (server) di seluruh dunia, dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pd window browser.

DOMAIN




Adalah alamat permanen situs di dunia internet

Identifikasi sebuah situs Istilah yang umum digunakan adalah URL.



Type Dari Website




Portal Web site- www.yahoo.com

News Web site- www.cnn.com

Informational web site- www.smidec.gov.my

Business/ Marketing web site- www.kraft.com

Educational website- www.resepi.mesra.net

Entertainment web site- www.shockwave.com

Advocacy web site- www.hsus.org

Personal web site- www.ukm.my/radzuan

Blog

HTTP




Hypertext Transport Protocol (RFC 1945)

Tim Berners-Lee, 1991

Language of the Web

Protocol yang digunakan untuk komunikasi antara web browsers dan web servers

Since 1990

TCP port 80

Penyempurnaan HTTP 1.0 menjadi versi 1.1 dispesifikasikan oleh IETF dengan RFC 2616

HTTP merupakan implementasi dari protokol TCP

Bersifat “Stateless”

Tidak ada informasi yang disimpan

Solusi? Cookies & Session

 

 





2.Teknologi Mobile



 Mobile web bertujuan untuk mengakses layanan data secara wireless dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone, pda dan perangkat portable yang tersambung ke sebuah jaringan telekomunikasi selular. Mobile web yang diakses melalui perangkat mobile perlu dirancang dengan mempertimbangkan keterbatasan perangkat mobile seperti sebuah handphone yang memiliki sebuah layar dengan ukuran yang terbatas ataupun beberapa keterbatasan pada sebuah perangkat mobile.

 
Pada Mei 2005 mobile web di keluarkan oleh W3C dengan nama Mobile Web Initiative (MWI) dengan tujuan membuat web dapat diakses dari sebuah perangkat mobile secara sederhana seperti  mengakses web dari sebuah komputer desktop. Dalam membuat sebuah mobile web membutuhkan implementasi untuk perbaikan dari segi interoperability, usability dan accessibility pada sebuah mobile web. 

 

Mobile Web umumnya berukuran ringan disetiap halamannya yang ditulis dengan Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) atau Wireless Markup Language (WML) untuk mengirimkan konten ke perangkat mobile. Selain itu beberapa teknik seperti dengan menggunakan Adobe Flash Lite atau Sun’s J2ME yang memungkinkan untuk membuat perangkat mobile yang lebih bervariasi.

 


1.syarat membangun Sebuah web

Untuk membangun sebuah mobile web memiliki beberapa aspek yang harus diperhatikan khususnya pada perangkat kerasnya. Dari segi bandwidth saat ini kondisi jaringan khususnya di Indonesia sudah memungkinkan untuk mendapatkan bandwidth  yang cukup besar dari jaringan selular. Walaupun masih mempertimbangkan berapa efesiensi bandwidth  sehingga dapat menghemat cost yang masih tergolong mahal.

 

Selain itu pertimbangan terhadap keterbatasan pada mobile device pun harus di perhatikan seperti

1.Keterbatasan dari kecepatan processor dalam mengeksekusi proses.

2.Keterbatasan RAM

3.Ukuran layar yang tidak terlalu besar, dan juga perbedaan ukuran layar secara          fisik dan resolusi pada masing-masing perangkat (meskipun saat ini tersedia browser seperti Opera yang dapat menampilkan seluruh halaman seperti browser pada PC).

4.Keterbatasan input pada masing-masing perangkat mobile.

5.Ketahanan baterai yang berbeda pada setiap perangkat.

6.Selain itu dari segi software, kompatibilitas browser dan mobiles pendukung cukup berpengaruh dalam menjalankan sebuah mobile web.

  Responsive Vs Mobile Website

 Menyesuaikan aplikasi kita dengan layar yang kita gunakan.

#Responsive Website

 Website yang bisa Menyesuaikan Tampilan Layoutnya Berdasarkan ukuran Viewport dari device yang digunakan mulai dari smartphone,tablet atau computer screen.

#Mobile Website

 Secara Prinsip Adalah sama  dengan website secara umum,yg dibuat dengan Html.

 

                                                                           Nisak21 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar