Minggu, 13 Desember 2015

Belajar Alat Musik Gitar

Gitar Merupakan alat musik berdawai yang sangat populer untuk dipelajari, dimainkan dengan cara dipetik, dengan menggunakan jari atau plektrum. Pada dasarnya gitar dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Gitar akustik dan gitar elektrik. Secara anatomi antara gitar akustik dan elektrik tidak terdapat banyak perbedaan, akan tetapi perbedaan yang paling menonjol dari dua jenis gitar ini terdapat pada body-nya.
 
Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Pada gitar Akustik suara yang dihasilkan keluar dari lubang resonansi yang terletak di body gitar yang dihasilkan dari getaran senar. Permukaan pada leher gitar akustik disebut dengan fretboard. Gitar akustik bisa dimainkan secara solo maupun dalam sebuah band musik. Dalam menghasilkan suara gitar akustik tidak membutuhkann amplifier sehingga mudah untuk dibawa kemanapun.
 
Pada Gitar Elektrik, sesuai dengan namanya agar bisa dimainkan maka gitar ini membutuhkan tenaga listrik, Gitar elektrik tidak membutuhkan lubang resonansi untuk menghasilkan suara, suara dari gitar elektrik mutlak dihasilkan dari getaran dawai yang kemudian diubah menjadi sinyal elektrik, perubahan sinyal ini dilakukan dengan menggunakan alat yang dinamakan dengan pickup, di Indonesia disebut dengan spul gitar. Spul gitar terletak tepat dibawah dawai. Pada gitar elektrik volume suara yang dihasilkan bisa diatur dengan volume control sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
 
Jka anda tertarik untuk belajar alat musik gitar baik itu gitar akustik maupun elektrik, maka ada dua ( 2  ) cara yang bisa anda pilih, yaitu belajar secara otodidak atau  belajar gitar dari oranglain dengan mengikuti kursus gitar di sekolah musik .
 
Belajar gitar secara otodidak tentunya membutuhkan usaha yang lebih keras jika dibandingkan dengan mengkuti kursus gitar di sekolah musik.
 
Belajar musik secara otodidak dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam mencari tekhnik – tekhnik yang benar dalam memainkan alat musik . Akan lain halnya jika anda belajar di sekolah musik, dimana materi pelajaran yang dibutuhkan telah tersedia secara lengkap, didukung dengan instruktur yang telah terlatih dan berpengalaman.
 
Dengan demikian ketrampilan bermain gitar yang anda butuhkan bisa anda dapatkan dengan lebih cepat dan mudah jika dibandingkan belajar secara otodidak.
 
Di Indonesia terdapat banyak sekali sekolah musik, akan tetapi salah satu sekolah musik yang paling populer dan terkenal di Indonesia dengan alat musiknya yang berkualitas adalah Yamaha. di sekolah musik ini tersedia beragam jenis kursus gitar antara lain guitar course, Electric Guitar Course, Electric Bass Course dan Acoustic Guitar Course. Anda bisa memilih sesuai dengan minat  dan bakat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar